Sabtu, 27 Agustus 2016

E-MAIL


Nama kelompok 1
 Kelas XIA

1. Sukma Apriliyanti
2. Wahyu Nor Anggita N
3. Vina Wulandari
4. Alfia Ristiyani
5. Agustina Susanti

A.pengertian E-mail
  E-mail di mulai pada tahun 1960.an, di mana pada zaman itu internet belum muncul dan mulai tahun 1980.an surat elektronik sudah dapat di gunakan oleh pengguna internet, sehingga menyebabkan perusahaan yang melayani jasa pos menurun penghasilannya di karenakan masyarkat sudah beralih menggunakan E-mail / surat elektronik untuk komunkasi jarak jauh.
   E-mail yaitu fasilitas yang di gunakan sebagai sarana untuk mengirim dan menerima surat elektronik kepada & dari pemakai computer lain yang terhubung di internet.
 Melalui E-mail kita dapat mengirim urat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang di kirimkan dari satu alamat E-mali ke alamat lain di jaringan internet.
 Sebuah alamat E-mail biasanya memiliki format semacam USERNAME@HOST.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan E-mail yang secara gratis yaitu Gmail.com,yahoo.com,plasa.com dll
                  B.cara membuat E-mail
  1.buka alamat situs,misalnya WWW.yahoo.com
2.pada tampilan tersebut, klik pada bagian free mail : sign up. Setelah itu akan muncul kotak formulir isaian
3.isi formulir isian yan di tampilkan sesuai dengan identitas diri. Isi user ID sebagai alamat E-mail & paword-nya. Klik tombol check untuk melihat apakah User ID tersebut sudah pernah di pakai oleh pengguna lain / belum.
4.setelah selesai mengisi semua, pada bagian Terms of service àklik pilihan I agree àsetelah selesai klik tombol create my account.
5.setelah itu, maka akan muncul kotak konfirmasi bahwa E-mail yang sudah di daftarkan telah berhasil.
6.lalu, anda coba login kembali ke alamat E-mail yang sudah di buat tersebut . isi yahoo! ID & Pasword à kemudian klik tombol sign in
7.setelah itu, akan tampil halaman depan E-mail setelah berhasil login.

                    C. menggunakan fasilitas E-mail
1.pengirman E-mail baru
 Langkah langkah untuk mengirimkan E-mail / surat kepada seseorang adalah sebagai berikut
       a.Aktifkan program internet explorer
       b.ketikkan www.yahoo.com pada addres bar, kemudian klik tombol go / tekan tombol enter pada keyboard.
       c.klik pada ikon mail /klik pada bagian check your mail status : sign in.
       d.isikan yahoo! ID dan password yang telah di buat sebelumnya. Setelah itu, klik tombol sign in.
       e.klik pada ikon compose message untuk membuat pesan baru.
       f.setelah selesai menulis pesan, tekan tombol send. Apabila pengiriman berhasil, maka akan tampil kotak konfirmasi
2.reply dan forward E-mail
   Reply merupakan fasilitas untuk membalas kembali E-mail yang di kirim ke alamat E-mail kita. Dengan fasilitas ini alamat tujuan otomatis ada dan isi E-mail dapat di ikut sertakan kembali. Adapun forward fasilitas yang di gunakan untuk meneruskan E-mail yng di kirimkan kepada kita untuk kita kirim kembali ke alamat E-mail lain dengan isi E-mail yang sama.

             LANGKAH LANGKAH UNTUK MELAKUKAN REPLY PADA E-MAIL SEBAGAI BERIKUT.
A.buka E-mail yang terdapat pada kotak surat (inbox), maka akan muncul tampilan dari isi E-mail tersebut.
B.klik tombol reply, kemudian akan tampil halaman editor reply.
C.tulis E-mail balasan pada kotak editor. Setelah selesai, klik tombol send. Secara langsung E-mail akan terkirim ke alamat yang dituju

                  LANGKAH LANGKAH UNTUK MELAKUKAN FORWARD E-MAIL ADALAH SEBAGAI BERIKUT.
A.buka E-mail yang terdapat di kotak surat (inbox).
B.klik tombol forward.
C.tulis alamat E-mail yang ingin di kirim E-mail tersebut pada kotak isian TO.
D.klik tombol send, maka akan muncul tampilan konfirmasi bahwa E-mail sudah terkirim ke alamat yang dituju.
3.mengirim E-MAIL di sertai lampiran (attachment)
   Attachment adalah file yang di ikutsertakan dalam E-mail yang di kirimkan. Fasilitas attachment sangat membantu dalam menghemat waktu sehingga kita tidak perlu mengetik ulang isi file yang akan di kirim, selain itu juga mempermudah pengiriman surat apabila data yang di kirim jumlahnya banyak.
                  LANGKAH LANGKAH UNTUK MELAKUKAN ATTACHEMENT FILE PADA E-Mail adl sbb;
A.buka e-mail yang sudah anda miliki.klik ikon compose message, maka akan tampil kotak editor baru.
B.tulis alamat e-mail tujuan pada kotak isian TO pada tab ATTACHEMENTS klik tombol ATTACH files.
C.pada bagian look in cari lokasi file yg akan disertakan dalam e-mail,kemudian klik tombol open.
D.klik tombol Send untuk mengirim e-mail .tunggu proses selesai muncul kotak konfirmasi message sent
4.download attachment pada E-mail
   Ketka kita mendapatkan kirima E-mail yang di dalamnya attachment file (file lampiran), maka sebaiknya kita melakukan download/ memindahkan pada media lain , seperti harddisk, flashdisk, ataupun floopidisk (disket). Hal ini perlu di lakukan dengan tujuan untuk mengurangi besarnya kapasitas media penyimpanan mailbox yang terdapat pada E-mail.
     
           LANGKAH LANGKAH UNTUK MELAKUKAN DOWNLOAD ATTACHMENT ADALAH Sbb
A.buka E-mail yang terdapat file attachment.
B.setelah itu klik tombol contineu, akan muncul kotak dialog file download
C.klik tombol save  
D.pada kotak save in, tentukan direktorik/ folder penyimpanan. Detelah itu , isi nama file pada kotak file name, dan klik tombol save.
E.tunggu proses download sampai selesai. Klik tombol open / open folder untuk membuka file download / tombol close untuk menutup file.




                       D.Pengelolaan E-mail
  e-mail                 perlu di kelola dengan baik agar teratur dan tidak memenuhi kapasitas penyimpanan.
Adapun cara yang bisa di lakukan untuk mengelola E-mail adalah dengan membuat folder khusus dan memindahkannya kedalam folder tersebut.
    Dengan menggunakan E-mail manager kita bisa dengan mudah dan cepat untuk mengirim E-mail ketika menuliskan E-mail kita tidak di haruskan online ke internet sehigga bisa menghemat waktu dan biaya koneksi ke internet hanya bisa di lakukan apabila kita ingin mengirim E-mail tersebut. Beberapa contoh program aplikasi E-mail manager antara lain Microsoft outlook, Microsoft outlook exspress dll.
    Selain mengelola E-mail menggunakan E-mail manager kita juga perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu di waspadai ketika menerima E-mail di antaranya SPAM, adware & SPYWARE, phishing serta worm.
1.       SPAM à E-mail yang di kirim oleh orang tidak di kenal dengan tujuan tertentu yang bersifat merugikan .
2.       Adware & spyware à program aplikasi / bisa juga berupa iklan yang muncul secara tiba tiba yang biasanya berupa pop up window
3.       Phishing à E-mail SPAM yang bertujuan untuk memancing pengguana dalam kategori kasus penipuan
4.       Worm à Program yang dapat meggandakan dirinya sendiri dengan menggunakan media computer.  Sifat dari program ini dapat menyebabkan kerusakan pada system computer dan bisa memperlambat kinerja computer.

      KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-MAIL.
*KELEBIHAN E-MAIL
      -pengoperasian mudah dengan bentuk dan ukuran yang berfariasi
      -pengiriman sangat cepat
      -biaya murah
      -dapat mengirim ke beberapa alamat lain sekaligus.
      -surat yang masuk mudah di baca, di simpan, dan di cetak
      -prifasi terjamin yang di lindungi oleh password
*KEKURANGAN E-MAIL.
      -kesalahan penulisan alamat tujuan, maka E-mail tidak sampai tujuan.
      -E-mail di kirim sering gagal apabila:
                1.lalu lintas internet padat.
                2.koneksi lambat.
                3.kotak surat tujuan penuh, maka E-mail yang dating akan terhapus
      -adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
       -rawan penyadapan, jika password yang di ketahui oleh orang lain


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOGLE COLAB

Langkah-langkah Penggunaan Google Colab 1. Buka Google Colaboratory melalui link https://colab.research.google.com/ Jika diminta untuk Sign-...